AMALAN UTAMA BULAN RAMADHAN


Bulan ramadhan adalah bulan sejuta berkah bagi umat islam. Bulan ramadhan menjadikan orang berlomba-lomba dalam mencari pahala. Namun ada beberapa amalan yang harus kita tingkatkan semaksimal mungkin pada bulan ramadhan. Diantaranya sebagai berikut.:
1.      MEMPERBANYAK SEDEKAH. Secara logika matematika, mengeluarkan uang berarti mengurangi persediaan keuangan kita. Akan tetapi rumus itu tidak berlaku dalam sedekah. Karena Allah yang telah menjanjikan akan melipat gandakan berkali-kali lipat dari jumlah yang kita sedekahkan tersebut. Allah melipatgandakan dengan cara yang tidak dapat kita duga-duga. Meskipun bukan berupa uang secara lansung akan tetapi nilainya pasti berkali-kali lipat. Maka dari itu sedekah di jalan Allah pada bulan ramadhan ini terus kita maksimalkan. Kita bisa bayangkan betapa besar pahala yang akan kita dapatkan dari sedekah di Bulan Ramadhan. Dimana pada bulan Ramadhan pahala dilipatgandakan. Dan jangan pernah sekali-kali ragu dalam hal tersebut.
2.      MEMAKSIMALKAN BACAAN AL-QUR’AN. Kita ketahui bersama bahwa pahala dari membaca al-quran dihitung oleh Allah per hurufnya. Jadi betapa banyaknya pahala yang kita dapatkan dibulan Ramadhan dari membaca al-quran. Sebisa mungkin dalam bulan Ramadhan khatam minimal satu kali. Dan rumus untuk satu kali khatam sukup simple, yaitu setiap sehabis shalat fardhu baca dua lembar setiap harinya. Maka selama satu bulan kalian akan mengkhatamkan al-quran.
3.             SHALAT FARDHU BERJAMAAH DI MASJID. Amalan ini lebih dikhususkan bagi kaum laki-laki. Manfaatkanlah Bulan Ramadhan sebagai batu loncatan untuk memulai sholat lima waktu di masjid. Mungkin pada bulan-bulan diluar Ramadhan kita merasa malas atau bahkan malu ke masjid dan baru rajin ke masjid pad bulan Ramadhan. Maka manfaatkan kesempatan itu untuk memulai membiasakan diri berjamaah di rumah-rumah Allah baik itu di Bulan Ramadan maupun di bulan-bulan lainnya.





Komentar